Saturday, August 18, 2018

Proses Pembuatan Bordir Baju



Proses Pembuatan Bordir Baju


Seiring dengan perkembangan zaman, ada banyak hal yang juga berkembang secara pesat. Hal seperti ini bahkan juga melibatkan kecanggihan teknologi untuk memberi kemudahan dalam beberapa aspek.
Pada masa kini, terdapat jasa bordir komputer jakarta yang juga bisa kita temukan. Dengan begitu, kita pun tak akan merasa kesulitan untuk menjadikan hal ini sebagai salah satu referensi pengerjaan bordir yang mudah untuk diselesaikan secara efisien.

Perbedaan proses bordir baju manual dan komputer
                Sebagian dari Anda mungkin pernah mengetahui adanya bordir baju dengan cara manual dan komputer. Memang, dulunya bordir dilakukan secara manual. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, kecanggihan teknologi pun menghadirkan bordir dengan bantuan komputer untuk mempermudah pekerjaan. Ada pun perbedaannya seperti berikut.
1.      Proses persiapan
Pada bordir baju manual, persiapannya adalah dengan menyiapkan gambar yang sudah dicetak sesuai dengan skala yang diinginkan. Satu gambar berwarna untuk acuan warna tukang bordir, sedangkan yang 1 lagi hitam putih sebagai penjiplakan dari kertas ke baju yang akan dibordir.
Sementara itu, pada bordir komputer, gambar yang ada dibuat ulang dengan menggunakan software, salah satunya bernama Willcom untuk dijasikan sebagai film pancing difile sebelum dijadikan bordir. Setelah itu, file ini akan dimasukkan ke head mesin bordir komputer, lalu pembordiran pun dimulai.
2.      Kerumitan untuk produksi massal
Jika desain logo atau gambar pada bagian yang akan dibordir terkesan rumit dan dipesan dalam jumlah banyak, bordir manual cenderung kurang bisa maksimal. Hal ini tergantung dengan keahlian tukang bordir, sebab bisa saja ukurannya berbeda antar satu baju dengan yang lain, meski motifnya sama.
Pada bordir baju komputer, kemudahan dari proses pengerjaan ini bisa memberi kemungkinan dengan hasil rapi untuk diproduksi dalam jumlah massal.

No comments:

Post a Comment